Sabtu, 18 Desember 2010

Tips Belanja Hemat Untuk Anak Kost

Punya penghasilan sendiri, bukan berarti bisa belanja seenaknya. Apalagi kita anak kost, jauh dari ortu, musti punya tabungan tuch… salah-salah kita ngak bisa makan di akhir bulan n musti ngutangn ama temen se-kost gara-gara duit gaji abis buat belanja ngak karuan…. kan malu. Makanya simak tips hemat berikut yah.

Trik Belanja Hemat ala Anak Kost :

* Setiap abis gajian, sisihkan terlebih dahulu sebagian gaji kita untuk ditabung, ini harus di lakukan di awal bulan untuk ”memaksakan” diri kita untuk menabung.

* Ikutan arisan, nah ini buat yang ngak bisa nabung coz pengeluarannya banyak alias boros. Sebenernya dengan ikutan arisan, kita udah nabung, cuman klo arisan ngak bisa diambil semau kita.

* Pisahkan rekening untuk keperluan sehari-hari dengan rekening saving, emang keliatan ribet sieh… tapi udah terbukti cukup efektif loh… jadikita musti sabar ngeluangin waktu transfer sebagian duit ke rekening saving.

* Pilih rekening saving yang biaya administrasi bulanannya kecil, untuk rekening keperluan sehari-hari, pilih-pilih ATM yang baik yah… maksudnya klobisa jangan gunakan ATM bersama, gunakan sesuai dengan BANK-nya, lumayan kan hemat 3000 perak sekali transaksi.

* Catering, ini lumayan ngebatasin pengeluaran, coz kita udah nyisihin duit buat makan 1 bulan ke depan, klo kebutuhan beras palingan kan bisa di kira-kira. Minimal kita kebiasa ngak jajan di luar… kan udah ada catering

* Jangan mudik mulu…. waaahhh nie ngak bisa tuh.. apalagi buat V, pasti

* Catat semua keperluan sehari-hari sebelum belanja, prioritaskan untuk belanja sesuai catatan yang kita buat

* Jangan terlalu terpengaruh mode, periksa kembali lemari baju, padu padankan pakaian lama kita, tanpa harus beli yang baru

* Belanja pakaian dengan model, motif dan warna yang netral, biar bisa di padu padankan.

* Jangan biasakan menyimpan uang cash terlalu banyak di dompet, ini akan membuat kita merasa ”punya uang” dan kemudian membeli barang-barang yang sebetulkan tidak kita perlukan, sediakan uang secukupnya di dompet

* Jangan biasakan ngutang… ntar jadi habit niey

* Oh… iya jangan lupa zakatnya yah… Insya Allah kita ngak bakal kekurangan deh.

0 komentar:

Posting Komentar

 

™Theywe™. Design By: SkinCorner